Translate

Cara Belajar Biologi

Adakalanya para siswa merasa sulit dan malas belajar Biologi. Namun jika mengatehui cara dan triknya maka pelajaran ini akan menyenangkan dan akan di gemari. sebagian siswa beranggapan bahwa dalam biologi banyak sekali istilah-istilah yang memusingkan kepala, apalagi jika berhadapan dengan istilah bahasa latin.

Terkadang para siswa beranggapan, bahwa jika sering dibaca dan mendengarkan guru pada saat menerangkan di kelas, otomatis nilai biologi menjadi bagus. memang tidak ada salahnya anggapan ini, namun pemikiran ini hanya berlaku bagi siswa yang pandai dan pintar, namun bagi siswa yang tidak pandai hasilnya akan tidak sesuai dengan harapan. 

Bagaimana cara mempelajari Biologi yang dapat diikuti oleh semua siswa dengan mudah, bagi yang pintar tentu sudah mempunyai formula sendiri ddalam menyikapinya dan punya pola yang teratur dalam mengelola cara belajarnya. bagi yang belum mempunyai cara dan trik dalam mempelajari biologi di sekolah, mungkin cara ini bisa di praktekkan.Caranya adalah :
  1. tumbuhkan rasa senang terhadap Biologi
  2. Anggaplah buku Biologi sebagai buku bacaan yang menyenangkan, seperti pada saat membaca komik
  3. selalu bawa buku Biologi, dengan maksud jika ada waktu luang kita bisa menyempatkan diri untuk membacanya
  4. bawa buku catatan kecil, yang bisa dimasukan dikantong dan tulislah istilah baru yang kita temui di sekolah atau dimana pun, dengan maksud agar dapat kita hapal (jadi bahasa latin yang ada di biologi akan mudah kita ingat)
  5. jadikan gambar atau istilah Biologi yang kita anggap menarik dan letakkan di tempat pavorit kita, seperti di dinding kamar atau kita sablon di baju.
  6. buka situs atau website yang ada hubungan nya dengan biologi
  7. mengadakan penelitian kecil di alam terbuka, praktikum di laboratorium dan sebagainya. Anggaplah diri kita sebagai seorang ilmuan sejati yang sedang melakukan suatu penelitian penting.
  8. jangan biarkan ketidak tahuan kita akan suatu istilah dalam biologi berlarut-larut, cepat cari jawabanya, karena kita akan menganggap pelajaran ini sulit jika jawaban belum kita ketahui
  9. buat singkatan sendiri. seperti yang mudah kita kembangkan untuk istilah yang panjang.
  10. jika akan menghadapi ujian, bacalah buku Biologi secara tuntas dan beri tanda pada kalimat yang dianggap sulit dicerna dan jadikan kalimat atau kata ini sebagai kata kunci agar kita mudah mengingatnya dan dapat mengembangkan kata tersebut