Translate

JENIS-JENIS BIOTEKNOLOGI

Bagimanusia, bioteknologi sebenarnya bukan barang yang baru. Dalam kenyataannyabioteknologi sudah ada sejak zaman sebelum masehi. Misalnya orang Samaria dan Babiloniatelah mengenal minuman bir sejak 6000 tahun sebelum masehi. Orang Mesir telahmembuat adonan kue asam ( menggunakan bakteri asam ) sejak tahun 400 SM (Sebelum Masehi ). Kemampuan mikroorganisme melakukan fermentasi ( “peragian”) pertamakali ditemukan oleh LouisPasteur ( 1857 – 1876 ). Fermentasi yang dilakukan oleh mikroorganisme tertentumenjadi prinsip dasar pengembangan bioteknologi tradisional atau konvensional,dengan produk-produk berupa : tempe,bir , tape, kecap, keju, susu asam, roti dan lain-lain.
Perkembanganlebih lanjut di masa kini, bioteknologi sudah memanfaatkan organisme ataubagian-bagiannya yang telah direkayasa secara in vitro sesuai dengan keinginan manusia. Adanya rekayasa secara invitro yang dilakukan manusia terhadap agen-agen hayati menjadi prinsip utamabioteknologi modern. Misalnya melalui teknik rekayasa genetic manusia dapat “memaksa” mikroorganisme tertentu untuk memproduksi hormone insulin dalam skalaindustri. Melalui teknik kultur jaringan, manusia dapat memperoleh bibittanaman yang seragam dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat.
Berdasarkan fakta-fakta di atas, pada dasarnyabioteknologi dapat dibedakan menjadi dua jenis , yaitu : bioteknologikonvensional / tradisional dan bioteknologi modern.

Proses pembuatan Tempe ( contoh Bioteknologi konvensional ).Tempe merupakan salah satu produk bioteknologi yangsudah dikenal sejak jaman dahulu. Proses pembuatan tempe sangat mudah, menggunakan bahan danperalatan sederhana.
Tahap-tahap pembuatan tempe., sbb :
  1. Kacang kedelai dicuci bersih, lalu direndam dalamair dingin selama1 hari
  2. Kacang kedelai dikupas kulitnya, lalu direbus
  3. Pemberian ragi tempe ( berisi spora jamur dari jenis Rhizopus sp )
  4. Dibungkus/disimpan ditempat tertutup
  5. setelah 2 - 3 hari produk tempe siap dikonsumsi
Proses Pembuatan Insulin ( Bioteknologi modern ).
Bioteknologi produksi Insulin inidilakukan dengan memanfaatkan jasa Escherichiacoli melalui suatu teknologi yang disebut dengan rekayasa geneticmenggunakan peralatan modern.Adapun tahap-tahap rekayasa genetic dalampembuatan insulin adalah sebagai berikut:
  1. Identifikasi gen insulin manusia
  2. Isolasi plasmid dari sel E.coli
  3. Penyisipan gen insulin ke dalam plasmid ( terbentuk Plasmidrekombinan )
  4. Injeksi plasmid rekombinan ke dalam sel E.coli
  5. Membiakkkan E.coli yang mengandung plasmid rekombinan
  6. Menginduksi E.coli yg mengandung plasmid rekombinan untuk memproduksi insulin
  7. Mengisolasi dan memurnikan hormone insulin
  8. HORMON INSULIN